Faktor Penyebab Pengisian Daya Pada Smartphone Yang Lama

Pasartekno.com  – Pasti anda para pengguna perangkat smartphone sering mengalami masalah dan keluhan yang sama, yaitu tentang masalah lamanya pengisian daya pada perangkat smartphone yang membutuhkan charge untuk mengisi daya. Sering kali kita sudah mencharge perangkat smartphone selama berjam-jam tetapi tetap saja perangkat kita belum terisi penuh dan bahkan dayanya hanya terisi sedikit. Hal ini tentunya menjadi sangat menjengkelkan dimana kita hendak untuk segera keluar rumah dan membutuhkan perangkat smartphone dengan daya yang penuh agar dapat mendukung aktivitas harian di luar rumah. Sebab itulah perangkat berupa power bank sedang marak-maraknya untuk mengatasi masalah daya pada perangkat smartphone. Akan tetapi, penggunaan power bank efeknya dapat merusak apabila penggunaan yang terus menerus, jadi alangkah baiknya kita mengatasinya dengan cara yang alami untuk menjaga keawetan perangkat smartphone kita menjadi lebih tahan lama. Penasaran ? berikut kami akan ulas beberapa Faktor Penyebab Pengisian Daya Pada Smartphone Yang Lama yang patut kita ketahui dan mengatasi penyebab tersebut.
Penyebab Pengisian Daya Pada Smartphone Yang Lama

Walaupun sekarang telah banyak produk smartphone yang mengusung konsep fast charging, tetapi tentunya tidak semua merek smartphone memiliku fitur tersebut. Karena dalam memlilih smartphone, tentunya fitur fast charging bukan menjadi faktor utama dalam memilih smartphone. Nah untuk mengatasi hal tersebut, tidak ada salahnya kita mengetahui beberapa penyebab pengisian daya pada smartphone yang lama agar penyebab tersebut dapat kita atasi sebagai berikut.

Kabel yang buruk
Kabel merupakan komponen yang sangat penting ketika mencharge smartphone kita. Seringkali kita tidak menyadari bahwa kabel yang kita gunakan telah termakan usia. Kabel yang sering di tekuk, di tarik, atau terlalu sering tertancap pada colokan listrik, juga menjadi faktor melambatnya proses charging. Yang perlu diketahui, bahwa semakin lama penggunaan kabel charge tentunya dapat mengurangi fungsi dari kabel tersebut dalam menghantarkan daya smartphone. Hampir 90 % permasalahan lambatnya dalam charge atau pengisian daya pada smartphone terletak pada kabel yang usang atau sudah rusak. Maka apabila anda mengalami masalah tersebut, cobalah cek kabel charge anda dan mengganti dengan kabel charge yang baru untuk mengembalikan fungsi charge yang sudah melambat.

Adaptor yang digunakan buruk
Masalah lain yang dapat membuat lambat dalam pengisian daya pada smartphone juga dapat disebabkan oleh adaptor yang buruk. Adaptor adalah sebuah benda kecil yang menempel pada stop kontak untuk mencharge smartphone. Melambatnya pengisian daya dapat disebabkan oleh adaptor yang memiliki output yang lemah atau tidak cocok dengan pasokan daya pada smartphone anda. Maka ada baiknya untuk tetap menggunakan adaptor charger resmi dan asli dari merek smartphone anda miliki untuk menghindari ketidak cocokan daya yang dapat menyebabkan pengisian daya yang lambat pada smartphone.

Sumber Listrik yang lemah
Untuk mengisi daya smartphone, yang harus diperhatikan adalah tentunya sumber listrik yang digunakan, dimana sumber listrik yang langsung dari stop kontak tentu berbeda dari mencharge smartphone melalui kabel USB dari laptop atau PC meskipun anda menggunakan port USB v.3.0 sekalipun, sebab laptop atau PC tidak diperuntukkan untuk mengisi ulang daya smartphone. Walaupun sekarang juga telah ada teknologi wireless charging tanpa menggunakan kabel yang terkesan keren, tetapi mengisi daya smartphone dengan cara konvensional lebih baik dan kuat.

Kualitas baterai smartphone yang menurun
Pengisian daya yang agak lama pada smartphone juga dapat disebabkan oleh perangkat smartphone itu sendiri, yaitu berupa menurunnya kualitas baterai untuk menyimpan daya. Apabila baterai smartphone sudah tidak dapat menyimpan daya dengan baik, maka baterai smartphone anda sudah selayaknya di ganti.

Aplikasi yang berjalan
Dalam mengisi daya pada smartphone, ada baiknya mematikan semua aplikasi yang berjalan yang dapat menguras kinerja hardware dan pastinya akan menguras daya pada smartphone, sehingga pada saat anda mengisi daya pada smartphone, daya tersebut juga terkuras oleh aplikasi yang berjalan.

Port micro USB terhambat atau rusak
Port micro USB yang rusak atau kotor juga dapat menjadi alasan menghambatnya pengisian daya pada smartphone anda. Penyebabnya dapat berupa port USB yang kemungkinan kotor oleh debu dan kotoran yang menyebabkan terhalangnya arus listrik masuk pada smartphone.

Masalah dari penggunaan
Dan terakhir masalah melambatnya pengisian daya pada smartphone dapat berupa anda sendiri, yakni tetap menggunakan smartphone tersebut walaupun smartphone dalam posisi di charge. Sebab sering kali, kita terlena dengan berbagai notifikasi pada smartphone atau sedang chat dengan teman dan segera merecharge smartphone ketika dalam keadaan lowbat dan juga tetap melanjutkan aktivitas pada smartphone. Maka ada baiknya meninggalkan smartphone anda dulu dalam keadaan offline agar daya yang masuk pada smartphone lebih cepat dan lebih cepat penuh.

Sekian ulasan mengenai Faktor Penyebab Pengisian Daya Pada Smartphone Yang Lama dan semoga bermanfaat dan membantu anda yang mengalami masalah yang serupa yang dapat sangat mengganggu aktivitas para pengguna terutama bagi anda yang mengandalkan penggunaan smartphone dalam rutinitas sehari-hari.

Baca juga informasi kami lainnya mengenai Tips Menghilangkan Iklan Pada Smartphone/Tablet Android Dengan Mudah

author
No Response

Leave a reply "Faktor Penyebab Pengisian Daya Pada Smartphone Yang Lama"