Cara Mengembalikan Performa Android Yang Melambat

Pasartekno.com  – Sebuah smartphone tentunya memiliki kecendrungan performa yang menurun seiring dengan pemakaian dan berbagai aspek lainnya. Itu tidak terjadi hanya pada fisik smartphone, tetapi juga seiring usia pemakaian membuat performa operasi dan fungsi smartphone juga biasanya menjadi lambat. Kali ini, khusus untuk pengguna smartphone berbasis android, kami akan mengulas bagaimana mengembalikan performa sistem android yang melambat yang mudah anda ikuti untuk meningkatkan performa smartphone anda secara keseluruhan.
Performa Android Yang MelambatNon-aktifkan atau Menghapus Aplikasi yang Jarang Terpakai atau Tidak perlu
Dengan memiliki smartphone berbasis android, tentunya kita akan disuguhkan jutaan aplikasi gratis maupun berbayar yang dapat di-install pada smartphone. Banyak dari kita yang penasaran dengan banyaknya aplikasi yang tersedia dan kemudian menginstall berbagai aplikasi secara satu persatu hingga tidak terasa aplikasi tersebut menumpuk di sistem operasi smartphone.

Hal tersebut tentu akan memberikan dampak melambatnya kinerja smartphone dengan tumpukan aplikasi yang mungkin tidak dibutuhkan dan jarang digunakan, apalagi jika memiliki smartphone dengan memori yang dapat dikatakan sangat pas-pasan. Jadi, sebaiknya cek segera keseluruhan aplikasi yang terinstall di smartphone dan menghapus aplikasi yang dapat memperlambat kinerja smartphone android dan juga dapat menguras pemakaian CPU dan baterai untuk hal yang tidak dibutuhkan.

Bersihkan cache data
Fungsi membersihkan data cache tentu berguna bagi smartphone anda, sebab dapat membantu mempercepat kinerja smartphone. Sebab data cache saat anda browsing secara otomatis tersimpan di data lokal smartphone anda yang membuat ketika anda hendak mengakses sebuah situs web, data chache yang sebelumnya tersimpan akan “terloading” secara otomatis dan membuat kinerja smartphone menjadi berlipat untuk mengakses internet. Untuk itu ada baiknya untuk menghapus data cache yang tersimpan sebelumnya dan memulai pencarian baru.

Adapun untuk menghapus data cache yang tersimpan di media lokal pada smartphone dapat anda lakukan secara manual maupun menggunakan aplikasi pembersih data cache yang banyak tersedia di apps store android yang dapat anda dapatkan secara gratis.

Tidak Menggunakan Widget dari Awal home screen
Menggunakan widget di awal home screen smartphone anda tentunya membuat smartphone tampak lebih menarik dan mempercepat shorcut/jalan pintas ke aplikasi favorit anda tetapi tahukah anda dengan menggunakan widget tersebut dapat menyebabkan pemakaian CPU, memori dan daya baterai yang berlebih ? sebab dengan memasang widget tentunta akan memerlukan memori di RAM serta kinerja CPU juga untuk mengoperasikan widget tersebut.  Jadi bagi anda yang berminat memasang widget, ada baiknya mendahulukan yang paling penting menurut anda seperti note, kalender, atau cuaca bagi anda yang membutuhkan informasi secara langsung dari home screen smartphone anda.

Tidak Menggunakan Live atau atraktif Wallpaper
Sama halnya dengan widget, menggunakan wallpaper yang live ata atraktif tentu akan semakin mempercantik tampilan home screen smartphone anda, tetapi perlu anda ketahui dengan pemakaian wallpaper yang live atau atraktif tentu juga akan menguras pemakaian CPU, baterai serta memori untuk membuat wallpaper tetap live dan aktraktif. Bagi sebuah smartphone premium dan memiliki spesifikasi yang tinggi tentu hal tersebut bukanlah suatu masalah besar,tetapi bagi anda pengguna smartphone dengan spesifikasi yang standar ada baiknya untuk menggunakan wallpaper yang standar saja.

Memastikan Update Perangkat dan Aplikasi
Pembaruan pada sistem operasi dan aplikasi juga dapat mempercepat kinerja android anda, dimana biasanya aplikasi yang tidak segera diperbaharui akan memunculkan beragam notifikasi yang memberitahukan aplikasi untuk segera di update atau dilakukan pembaharuan. Jadi tidak ada salahnya untuk selalu mengecek aplikasi anda yang membutuhkan update sebab selain dapat mempercepat kinerja smartphone anda, tentunya aplikasi anda akan mendapatkan fitur terbaru dari setiap update yang anda lakukan.

Kembali ke pengaturan pabrik/factory data reset
Hal tersebut merupakan langkah terakhir yang dapat anda lakukan untuk mengembalikan performa smartphone android anda kembali ke semula, dimana dengan melakukan factory data reset atau mengembalikan ke pengaturan pabrik maka smartphone/ perangkat android anda akan dikembalikan ke pengaturan semula seperti pada saat membeli smartphone, tetapi perlu anda ingat bahwa dengan melakukan hal ini akan membuat semua aplikasi, kontak , dan data-data yang lain akan hilang seperti pada saat pertama kali anda menggunakan smartphone/perangkat android anda. jadi anda baiknya anda berpikir sebaik-baiknya sebelum melakukan langkah ini.

Sekian ulasan mengenai Cara Mengembalikan Performa Android Yang Melambat yang patut anda coba bagi anda yang mempunyai perangkat android yang melambat dari seperti biasanya dan mengganggu aktivitas di perangkat android anda.

Baca juga ulasan kami lainnya mengenai Kini Pengguna Twitter di Indonesia Bisa Beli Paket Internet dan Pulsa Via DM

author
No Response

Leave a reply "Cara Mengembalikan Performa Android Yang Melambat"