7 Cara Agar Baterai HP Android Tahan Lama

No comment 258 views

PasarTekno – Setiap orang pastinya akan cukup kesal ketika baterai HP Android yang digunakannya tiba-tiba habis ketika sedang asyik memainkan game ataupun mengakses sosial media. Terlebih lagi jika powerbank lupa dibawa dan tidak ada sumber daya listrik terdekat untuk segera mengisi daya. Hal ini pastinya akan membuat kamu menjadi tidak mood dan tidak tahu lagi harus bagaimana.

Penggunaan aplikasi dan game pada prangkat android memang akan membutuhkan penggunaan daya yang besar dibandingkan dengan penggunaan normal. Untuk itu, setiap vendor HP Android saat ini banyak menghadirkan HP yang memiliki chipset yang lebih tangguh, RAM dengan kapasitas besar, serta baterai yang memiliki kapasitas jumbo.

Meskipun baterai yang dimiliki sebuah HP Android sudah sangat baik kapasitasnya, namun jika pengguna kurang memperhatikan hal-hal kecil yang akan menyebabkan komsumsi daya baterai meningkat. Maka, besar kemungkinan pengguna harus tetap harus siap siaga untuk menyediakan charger dan powerbank agar bisa mengisi daya baterai yang lowbat.

Namun, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar penggunaan baterai bisa menjadi lebih tahan lama dan awet. Untuk itu kamu harus menyimak postingan kali ini, karena akan memberikan informasi mengenai cara agar baterai HP Android tahan lama.

Cara Agar Baterai HP Android Lebih Awet

1. Matikan GPS atau Lokasi Saat Tidak Digunakan

Salah satu hal yang mungkin jarang diperhatikan oleh pengguna HP Android adalah GPS atau lokasi yang selalu di set pada posisi ON. Pada saat GPS ini aktif maka konsumsi baterai akan meningkat, jadi ketika memang tidak menggunakannya, sebaiknya dimatikan saja.

Jika kamu ingin tetap menyalakan GPS, maka kamu bisa mencoba cara alternatif dengan mematikan izin lokasi untuk aplikasi yang tidak memerlukan GPS sepanjang waktu. Dengan cara ini, secara langsung setiap aplikasi terkait yang kamu nonaktifkan izin penggunaan GPS nya tidak akan menggunakannya pada latar belakang. Hal ini nantinya akan membuat daya baterai menjadi lebih tahan lama.

2. Aktifkan Dark Mode atau Mode Malam

Selain memberikan kenyamanan pada mata saat mengaktifkan Dark Mode, ternyata di sisi lain hal ini juga membuat baterai lebih tahan lama. Terlebih jika HP Android yang kamu miliki menggunakan layar dengan teknologi OLED. Baterai bisa menjadi lebih hemat karena layar tidak perlu mengeluarkan cahaya terang terus menerus yang pastinya akan menguras baterai.

Pada saat Dark Mode atau Mode Malam diaktifkan, maka layar OLED akan membuat piksel nonaktif secara individual dan membuat konsumsi daya menjadi lebih sedikit. Selain mengaktifkan mode malam, kamu juga bisa menggunakan Walpaper yang bertema malam dan mengaktifkan mode malam pada setiap aplikasi yang menyediakan mode ini.

3. Batasi Penggunaan Aplikasi di Belakang Layar

Sebagian besar pasti belum tahu ketika membuka suatu aplikasi dan menutupnya, beberapa aplikasi ternyata masih aktif. Aplikasi-aplikasi ini masih terus berjalan di latar belakang dan secara diam-diam tetap mengkonsumsi data baterai meskipun sudah tidak digunakan lagi.

Agar kamu bisa melakukan pengontrolan terhadap aplikasi latar belakang dan membatasi aplikasi tersebut, caranya sangat sederhana. Kamu tinggal masuk pada bagian Notifikasi > Aplikasi dan Notifikasi > Lanjutan > Baterai > Pembatasan latar belakang. Kamu juga bisa mencoba cara alternatif yang lebih cepat dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bernama Greenify. Aplikasi ini nantinya akan secara otomatis menonaktifkan semua aplikasi yang berjalan pada latar belakang.

4. Memonitor aplikasi yang berjalan

Salah satu faktor yang juga bisa membuat daya baterai cepat habis adalah aplikasi yang berfungsi tidak seperti seharusnya. Sebagian besar penyebabnya adalah terjadi bug atau ada virus yang secara diam-diam berjalan pada latar belakang. Untuk bisa memantau penggunaan baterai setiap aplikasi. Cara memantau penggunaan baterai setiap aplikasi caranyaa tinggai masuk ke Pengaturan > Baterai > Menu > Penggunaan Baterai.

Jika terdapat aplikasi yang jarang digunakan, sebaiknya di uninstall saja. Selain lebih menghemat baterai, kapasitas RAM juga akan semakin lega. Berikut lagi beberapa aplikasi yang mengkonsumsi baterai boros antara lain, Snapchat, Tinder, Facebook, Messenger, Microsoft Outlook dan CleanMaster.

5. Gunakan Aplikasi Versi Lite

Masih sama dengan poin nomor 4, jika kamu ingin tetap menggunakan aplikasi favorit yang konsumsi baterainya besar, kamu bisa menggunakan aplikasi alternatifnya. Biasanya, setiap aplikasi populer memiliki versi ringan atau lite. Versi aplikasi Lite menggunakan penyimpanan dan baterai yang lebih hemat.

Aplikasi ini biasanya digunakan pada HP jadul yang spesifikasinya kelas bawah. Namun, jika HP Android yang kamu gunakan sudah gahar dan ingin baterainya lebih hemat, maka bisa menggunakan aplikasi versi lite.

6. Menonaktifkan Google Assistant

Google Assistant memang menjadi salah satu fitur yang memberikan kemudahan bagi pengguna HP Android. Namun, fitur ini juga menjadi salah satu yang menguras daya baterai. Hal ini disebabkan karena Assistant menjalankan berbagai macam pekerjaan dalam satu waktu.

Jika kamu tidak terlalu sering menggunakan Google Assistant, maka sebaiknya di nonaktifkan saja. Caranya juga sangat simpel, silahkan masuk ke aplikasi Google > Lainnya > Setelan > Asisten Google > di bawah tab Asisten pilih Telepon > lalu nonaktifkan Google Assistant.

7. Atur sinkronisasi

Notifikasi setiap aplikasi memang sangat penting agar dapat mengetahui informasi secara update. Namun jika notifiaksi muncul secara terus menerus maka baiknya jika di nonaktifkan saja. Untuk bisa menghemat baterai lebih baik melihat konten terbaru secara manual.

Jika sinkronisasi aktif maka aplikasi akan berjalan secara terus menerus di latar belakang dan pastinya akan menguras baterai. Untuk menonaktifkan sinkronisasi, silahkan masuk ke Pengaturan > Akun lalu nonaktifkan di bagian paling bawah yaitu Otomatis sinkronkan data.

Nah, itulah beberapa informasi yang dapat kamu lakukan mengenai cara agar baterai hp android tahan lama. Semoga informasi yang kami bagikan kali ini bermanfaat yah.

author
No Response

Leave a reply "7 Cara Agar Baterai HP Android Tahan Lama"

twelve + seventeen =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.