Bus Elektrik Tanpa Sopir Siap Menjadi Transportasi Umum Masa Depan

Pasartekno.com  – Perkembangan teknologi yang sedemikian pesatnya di era modern seperti sekarang membuat banyak negara seperti berlomba-lomba menerapkan teknologi untuk mempermudah masyarakatnya dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari. Salah satunya dengan pengenalan teknologi kendaraan tanpa awak atau sopir, dimana segala fungsi kendaraan tersebut dapet beroperasi secara otomatis dan tidak membutuhkan tenaga manusia dalam mengoperasikannya. Untuk merespon keinginan banyaknya negara maju yang ingin menerapkan teknologi yang lebih efisien dan no human error ini, sebuah perusahaan asal Prancis bernama EasyMile siap untuk memproduksi sebuah kendaraan berbentuk bus yang difungsikan secara otomatis untuk sebagai alat transportasi massal.
Bus Elektrik Tanpa SopirKehadiran kendaraan bus tanpa awak dan berjalan secara otomatis ini, akann mulai diterapkan di Singapura yang nantinya diproyeksikan akan segera beroperasi di wilayah pusat parkir kendaraan mobil untuk mengangkut para penumpang ke destinasi yang telah ditentukan. Selain Singapura, bus tanpa sopir ini sebelumnya sudah mulai diterapkan di negara Bagian California, AS untuk daerah perkantoran mereka. Begitu juga dengan di negara Swiss dan Finlandia, dimana dengan beroperasinya bus eletrik tanpa sopir ini, akan menjadi transportasi yang ramah dan nyaman untuk para penumpang dan tentunya aman bagi lingkungan.

Dalam mengoperasikan bus ini, dibutuhkan sebuah jalur khusus yang telah terprogram ke destinasi dan tujuan yang telah ditetapkan. Bus tidak dapat melaju bebas dijalan umum seperti pada kendaraan konvensional lainnya, sebab walaupun bus ini dapat berjalan diaspal biasa, untuk kendaraan lainnya tetapi bus ini masih terkendala dengan program pengenalan rute jalanan dan tujuannya. Oleh karena itu bus ini membutuhkan jalur khusus yang telah diprogram sebelumnya.

Bus eletrik ini sangat aman bagi lingkungan sekitar, sebab bus ini menggunakan bahan bakar yang berbeda dengan kendaraan umumnya, dimana bus ini menggunakan baterai lithium ion sebagai sumber energinya. Bus elektrik ini dapat mengangkut 12 orang sekaligus dengan memiliki kecepatan maksimum hingga 40kmh dengan kecepatan rata-rata 20kmh. Dan seperti kendaraan transportasi lainnya, bus ini juga menyiapkan berbagai fitur keselamatan untuk para penumpangnya, seperti dapat mendeteksi objek yang berada didepannya untuk menghindari tabrakan, dan dapat melakukan pemberhentian otomatis jika sesuatu menghalangi jalannya. Bus ini juga dilengkapi dengan GPS sehingga keberadaan bus ini dapat mudah dipantau lokasinya.

Sekian informasi kami mengenai Bus Elektrik Tanpa Sopir Siap Menjadi Transportasi Umum Masa Depan yang dengan berbagai keunggulan tersebut, patut kita berharap agar teknologi ini juga dapat segera di terapkan di Indonesia agar dapat memberikan banyak pilihan transportasi bagi masyarakat untuk menghindari kemacetan yang semakin parah tiap harinya. Semoga bermanfaat dan berguna, terima kasih.

Baca juga informasi kami lainnya mengenai Mobil Taksi Tak Berawak Akan Segera Beroperasi

author
No Response

Leave a reply "Bus Elektrik Tanpa Sopir Siap Menjadi Transportasi Umum Masa Depan"