7 Rekomendasi Browser Android Paling Ringan

No comment 136 views

Dengan kelengkapan fitur yang begitu kompleks membuat beberapa browser yang populer seperti Chrome, Edge, UC Browser dan Firefox mengkonsumsi lebih banyak penyimpanan, performa, dan kuota. Hal ini memang sebenarnya tidak terlalu bermasalah ketika HP Android yang digunakan menggunakan spesifikasi kelas atas, namun beda halnya dengan HP yang menggunakan spesifikasi minim. Penggunaan browser tersebut pastinya akan bermasalah karena lambat digunakan.

Namun, bagi kamu yang menggunakan HP dengan minim spesifikasi tidak perlu merasa khawatir karena ada banyak browser Android paling ringan yang tersedia di Play Store. Browser ringan tersebut hanya menggunakan sedikit performa, penyimpanan dan kuota sehingga sangat ramah dengan HP Android yang spesifikasinya rendah, berikut pasartekno.com infokan beberapa diantaranya.

Rekomendasi Browser Android Paling Ringan 

1. Via Browser

Browser ini memiliki setidaknya lebih 1 juta unduhan, Via Browser merupakan browser yang paling sederhana, ringan dan menggunakan sedikit kapasitas penyimpanan. Di Play Store Browser yang satu ini hanya memiliki ukuran sekitar 509 Kb sehingga menjadi Browser Android teringan saat ini.

Selain sangat ringan, Via Browser juga adalah Browser yang senyap karena tidak akan menampilkan berbagai notifikasi ke HP penggunanya. Desain dari browser ini juga sangat sederhana dan menjadi salah satu keunggulan utamanya. Selain itu, Browser ini juga disertai dengan berbagai macam fitur seperti ad-blocker bawaan, QR code scanner, mode incognito, mode malam dan berbagai fitur lainnya.

2. XBrowser

Berikutnya ada Xbrowser yang juga hampir sama dengan jumlah pengguna Via Browser yakni lebih dari 1 juta unduhan. Salah satu fitur utama yang dimiliki Xbrowser adalah user interface yang sangat responsif dan sederhana. Selain itu, fitur lain yang juga dimiliki browser ini diantaranya pemblokir iklan bawaan, mode gelap, tombol navigasi untuk akses situs cepat yang bisa dikustomisasi dan penerjemah.

Fitur keren lain yang juga menyertainya adalah kemampuan untuk mengubah user-agent atau UA ke iPhone, iPad, Desktop atau Android. Saat di instal di HP Android Xbrowser hanya menggunakan kapasitas penyimpanan sebesar 2,9MB saja.

3. Monument Browser

Monumen Browser juga menjadi salah satu Browser Android paling ringan yang mungkin tidak sepopuler Via Browser dan XBrowser yang telah dibahas sebelumnya. Namun, dari segi pengalaman penggunanya browser ini adalah salah satu yang terbaik. Ternyata dengan ukuran yang kecil yakni sekitar 3 MB saja, fitur yang dibawakan Browser ini cukup mengejutkan.

Beberapa fitur yang melengkapinya yakni pemblokir iklan, mode gelap, mode baca, mode privasi, blok history dan fitur unik lainnya yang bernama “Floating Window”. Pada dasarnya fitur Floating Window adalah memberikan kesempatan bagi penggunanya untuk membuka berbagai macam jendela halaman dalam bentuk pop-up, sehingga bisa membuka halaman web lebih dari satu secara bersamaan.

4. Firefox Lite

Salah satu browser yang paling populer saat ini adalah Firefox. Untuk bisa menjangkau berbagai macam pengguna, salah satunya adalah pengguna HP Android dengan spesifikasi minim maka Mozilla yang merupakan pembuat dari Browser ini menghadirkan versi ringannya yakni Firefox Lite. Firefox memang menjadi browser yang terkenal dengan teknologi Quantum-nya yang memadukan fungsi browsing terbaik disertai dengan tampilan antarmuka yang intuitif.

Sesuai dengan namanya yakni Firefox Lite, Browser yang satu ini dihadirkan khusus dengan fitur untuk menghemat penggunaan data. Browser ini juga hanya memiliki ukuran 10 Mb yang memberikan penggunanya pilihan untuk melakukan pemblokiran pada gambar dari situs tertentu dengan menggunakan mode Turbo untuk memblokir iklan dan screenshot untuk membaca offline.

5. UC Browser Mini

Berikutnya ada UC Browser Mini yang saat ini sudah diunduh lebih dari 100 juta kali. Browser Android teringan ini menjadi Browser versi Lite yang paling populer saat ini di Play Store. Browser ini juga menjadi versi ringan dari UC Browser karena memiliki ukuran sekitar 30 Mb saja. Namun, dengan ukuran tersebut kamu tetap bisa mendapatkan performa yang cepat serta fitur yang lengkap seperti Data Saving, Ad-Block dan banyak lagi.

Fitur dan fungsi yang dihadirkan pada UC Browser Mini ini pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan versi UC Browser biasa. Yang membedakan keduanya hanya pada fungsinya, yakni secara khusus untuk mengompres data sehingga kuota yang digunakan lebih hemat dan lebih cepat.

6. Opera Mini

Opera Mini juga menjadi salah satu browser yang cukup populer di HP Android. Opera Mini dihadirkan platform Java ME sebagai versi ringan dari Opera biasa. Fitur utama yang dimiliki Browser ini adalah setiap situs atau halaman web yang diakses akan melalui server proxy Opera terlebih dahulu untuk dilakukan proses kompres, sehingga kecepatan akses akan menjadi lebih cepat 2 sampai 3 kali dari biasanya. Browser ini sendiri memiliki ukuran sebesar 27 Mb.

7. Google GO

Terakhir ada Google Go yang juga menjadi Browser Android ringan yang paling sederhana. Browser ini bukanlah versi ringan dari Chrome, melainkan salah satu bagian dari aplikasi GO yang dihadirkan oleh Google. Browser ini memang secara khusus hadir sebagai pelengkap perangkat low-end yang memiliki spesifikasi terbatas.

Saat ini, Google Go sudah diunduh sekitar 100 juta kali. Browser ini memang lebih ringan dan cepat untuk melakukan browsing melalui Google dengan mengoptimalkan hasil pencarian sehingga bisa menghemat data hingga 40 persen. Browser ini juga menghadirkan pengalaman pengguna yang sama dengan aplikasi Google lainnya dengan ukuran hanya 17 Mb.

Nah, itulah beberapa rekomendasi Browser Android paling ringan yang sangat cocok bagi kamu yang menggunakan HP dengan spesifikasi rendah.

author
No Response

Leave a reply "7 Rekomendasi Browser Android Paling Ringan"

8 + 8 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.