Begini Soft and Hard Reset di Smartphone Android Anda

Pasartekno.com – Ibarat sebuah menu makanan yang harus dipenuhi, smartphone juga demikian adanya. Hampir setiap hari kita senantiasa berkecimpung dengan smartphone, hingga menu ini tidak bisa ditinggalkan dalam kehidupan sehari – hari yang kita jalankan.

Bahkan saking pentingnya peranan smartphone, kita selalu membawa smartphone kemana – mana. Tidurpun kurang menyenangkan jika tidak ditemani smartphone, dan “maaf” hingga buang hajat pun kita tidak bisa lepas dari yang namanya smartphone. Ya, memang inilah budaya yang ada di masyarakat modern saat ini. Dan bahwasannya teknologi menjadi suatu hal yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia.

Begini Soft and Hard Reset di Smartphone Android Anda

Bagi anda yang juga memiliki keterikatan dengan smartphone, tentu saja akan merasa jengkel jika smartphone tidak bekerja secara optimal. Mengunduh aplikasi mengalami kebuntuan, mengoperasikan aplikasi mengalami kemacetan bahkan browsingpun digagalkan. Pastinya rasa jengkel akan turut dirasakan.

Pernahkah anda mengalami masalah seperti itu?

Jika iya, tentu anda ingin segera mengatasinya bukan? Bagi anda yang memiliki masalah kinerja smartphone yang terganggu, dapat memperbaikinya dengan cara melakukan hard dan soft reset pada smartphone android yang anda miliki.

Lantas, bagaimana cara melakukan hard dan soft reset smartphone android? Yuk kita bahas dulu uraian informasinya berikut ini!

Cara Reset Ulang Smartphone Android

Ketika kinerja smartphone mengalami gangguan, ada satu cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasinya. Cara ini adalah melakukan hard dan soft reset smartphone android. Nah, sehubungan dengan hal tersebut kita akan bahas satu persatu soft dan hard reset smartphone. Yuk simak berikut ini ulasannya!

Soft Reset

Soft Reset ini dilakukan jika kondisi smartphone sudah mulai tidak responsif. Soft reset ini merupakan cara paling mudah untuk mengembalikan kinerja smartphone. Soft reset ini dilakukan dengan mematikan kemudian menghidupkan kembali smartphone yang kita kenakan.

  • Tekan tombol power, sampai muncul menu boot kemudian pilih power Off.
  • Keluarkan baterai selama beberapa menit. Misalkan 15 menit. Setelah 15 menit kemudian pasang baterai kembali pada smartphone.
  • Tunggu selama 10 menit dan hidupkan smartphone anda kembali.

Ya, ini cara mudah melakukan soft reset ketika smartphone kinerjanya sudah mulai tidak responsif.

Hard Reset

Berbeda dengan soft reset yang tidak berakibat pada hilangnya data. Untuk hard reset berdampak kepada hilangnya data. Karena itu, anda yang ingin melakukan hard reset disarankan untuk memback up data atau mentransfer data pada perangkat lain sebelum melakukan hard reset.

Lalu bagaimana caranya mengenkripsi smartphone anda dengan hard reset?

  • Klik menu setting – security – encrypt phone – ikuti kemudian instruksi pemberian password baru dll.

Proses enkripsi yang pertama ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Proses ini berlangsung kira – kira selama 1 jam. Jadi anda pengguna gadget tentu harus bersabar menunggu sampai proses enkripsi ini selesai.

  • Langkah selanjutnya setelah proses enkripsi selesai, klik tab menu setting – back up and reset.
  • Selanjutnya pilih factory data reset – reset phone – security credentials – erase everything.

Reset Tanpa Menghapus Data

Berbanding terbalik dengan reset ulang, reset yang satu ini dapat anda lakukan tanpa ada efek data akan terhapus di smartphone android anda. Hanya saja, tidak semua smartphone dapat melakukan cara reset tanpa menghapus data ini.

Hanya smartphone Samsung terbaru saja yang dapat melakukannya. Caranya yakni :

Klik menu setting – back up and reset – reset setting – reset settings and confirm – dan selesai. Smartphone anda akan diperbarui kinerjanya.

Nah, cara diatas dapat anda lakukan untuk melakukan soft dan hard reset smartphone. Semoga informasi kali ini yang kami berikan sehubungan dengan Cara Reset Ulang Smartphone Android bermanfaat.

Baca juga informasi kami lainnya mengenai Awas! Smartphone Xiaomi Palsu Beredar, Begini Cara Bedakannya .

author
No Response

Leave a reply "Begini Soft and Hard Reset di Smartphone Android Anda"